Thursday, June 18, 2015

Jenis Bahan Alat Masak Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Bahan Alat Masak Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Jenis Bahan Alat Masak Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Amankah alat masak yang Anda gunakan untuk mengolah makanan untuk keluarga Anda sehari – hari? Produk peralatan memasak yang banyak dijual di pasaran saat ini hadir dalam beragam bentuk, bahan dan warna. Banyak orang merasa bingung saat harus memilih mana yang paling aman. Untuk membantu Anda dalam memilih, berikut adalah beberapa informasi terkait dengan bahan peralatan memasak yang tersedia beserta kelebihan dan kekurangannya masing – masing.
  • Metal tebal
Ini adalah alat masak yang memiliki ketahanan yang cukup baik dalam menahan panas. Perlu diketahui bahwa pada metal yang tipis, panas api menyebar tidak merata dan masakan bisa dengan mudah gosong. Dibandingkan dengan bahan lain, peralatan memasak yang terbuat dari metal relatif lebih murah. Namun, sayangnya perlengkapan memasak dari bahan ini relatif lebih berat.
  • Aluminium
Aluminium mampu menyebarkan panas dengan baik. Kekurangan dari bahan ini adalah cepat aus. Di samping itu, bahan makanan yang dimasak dengan aluminium juga akan berubah warna. Sangat dianjurkan agar memilih panci aluminium yang cukup tebal dan berwarna polos. Jangan bersihkan panci aluminium dengan sabun atau penggosok yang bisa menggores. Pilih pula panci aluminium yang sudah dilengkapi dengan Teflon maupun lapisan anti lengket yang lain karena lebih tahan panas, kuat dan relatif lebih tahan lama.
  • Tembaga
Bahan tembaga sudah lama dipakai dalam industri alat masak. Sayangnya, tembaga yang tidak dilapisi dengan timah atau stainless steel akan dapat merusak makanan, terutama yang mengandung asam tinggi. Oleh sebab itu, jika memilih panci atau peralatan memasak dari bahan tembaga, pilih yang telah dilapisi dengan stainless steel.
  • Stainless steel
Bahan ini tahan goresan, tahan lama, terlihat bersih dan tidak memberi reaksi terhadap bahan makanan. Sayangnya, bahan ini bukanlah konduktor panas yang baik, sehingga untuk mengakalinya dibuat lebih tipis. Hasilnya, makanan yang dimasak mudah gosong dan panas yang dihantarkan tidak merata. Saat ini, banyak stainless steel yang dipadukan dengan bahan lain yang membuatnya lebih baik.
  • Panci baja
Alat masak dari baja juga tidak mampu menghantarkan panas dengan merata, membuat makanan berubah dan mudah sekali berkarat. Oleh sebab itu, sebelum memakainya disarankan agar mencucinya terlebih dulu dan dikeringkan. Ada baiknya juga melapisinya dengan minyak sayur dan dilap dengan tisu sebelum memakainya untuk mengolah makanan.
  • Panci baja enamel
Lapisan enamel diberikan untuk menjawab kekurangan panji baja. Ini membuatnya lebih bisa menghantarkan panas dengan lebih lama. Namun, lapisan porselen tersebut tidak membuat warna makanan berubah. Yang sangat disayangkan, lapisan enamel mudah sekali retak dan cukup berat.
  • Kaca
Seringkali disebut sebagai wadah Pyrex, panci kaca memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas dan sangat stabil bahkan bisa juga digunakan ke dalam microwave. Sayangnya, harga alat masak berbahan kaca relatif lebih mahal dibandingkan yang lain dan jika tidak dirawat dengan benar akan mudah retak.

Jenis Bahan Alat Masak Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

No comments:

Post a Comment