Monday, April 4, 2016

Masa Depan Belanja Online

Masa Depan Belanja Online
Tren belanja online secara tak langsung memengaruhi gairah konsumen untuk berbelanja di toko tradisional. Dewasa ini juga banyak perusahaan yang mencoba peruntungannya untuk membuka toko Online sebagai cara yang paling mudah untuk menjangkau para calon pelanggannya.

Pada awal kemunculannya, belanja online masih belum menyentuh semua lapisan masyarakat, karena pada saat itu, akses internet masih jarang ditemui, dan metode pembayaran yang dilakukan masih tidak semudah saat ini, di mana pada awak kemunculan internet, pembayaran masih harus dilakukan secara manual ke teller bank. Hal ini bertolak belakang dengan tren belanja Online masyarakat saat ini, di mana masyarakat modern saat ini lebih memilih belanja secara Online di situs belanja yang sudah dipercayanya. Perkembangan toko Online saat ini juga kian menggurita. Di negara berkembang sendiri, perkembangan toko Online mencapai puncaknya, seperti di China contohnya, pada tahun dari tahun 2012 ke tahun 2014 perkembangan toko Online sudah mengalami kenaikan hingga 64%.

Hal ini tentu memacu para pengusaha dari negeri tirai bambu mencoba peruntungannya dengan mengelola Online shopping untuk menjangkau semua konsumennya, tidak hanya dari dalam negeri saja, namun hingga luar negeri. Bahkan tak sedikit konsumen dari Indonesia yang juga berbelanja melalui toko Online di China. Di Indonesia sendiri perkembangan dari toko Online ini juga menunjukkan gairah yang luar biasa, di mana sejak awal kemunculannya di tahun 2008-2009, kini pertumbuhan toko Online sudah tak bisa dibendung lagi. Masyarakat modern yang hidup di perkotaan besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Manado, Batam dan lain kota besar lainnya di Indonesia lebih memilih mendapatkan barang idamannya secara Online. Ini tidak lain karena cara ini lebih menghemat waktu dan biaya. Di mana masyarakat yang sibuk tak lagi harus bersusah payah mengunjungi toko tertentu untuk mendapatkan barangnya.

Belum lagi bahwa barang yang ditawarkan oleh toko online ini beragam, dan lebih murah dibandingkan dengan barang yang dijual di pasaran. Terlebih lagi, tak sedikit yang menyediakan diskon besar-besaran hingga 65% di setiap harinya. Yang lebih menggembirakan lagi, Anda tak perlu membayar biaya pengiriman. Metode belanja yang mudah dan didukung dengan metode pembayaran yang mudah juga mendorong masyarakat di seluruh Indonesia berangsur-angsur menggeser selera belanjanya ke arah belanja Online. Ke depannya, belanja online ini tidak menunjukkan kelesuan dalam 5 – 10 tahun mendatang, atau mungkin cara ini akan mampu menggeser metode belanja konvensional yang sudah dianut maskara selama puluhan tahun lamanya.

Makin hari, makin banyak toko Online bermunculan, ini makin membuat masyarakat sedikit demi sedikit mengalihkan kebiasaannya belanja konvensional ke belanja  online dalam 5 – 10 tahun mendatang.

No comments:

Post a Comment